Tips Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik

Mei 6, 2019

Rumah Aman

Masyarakat diminta berhati-hati menjelang Hari Raya Idul Fitri, pasalnya menjelang Lebaran angka kriminalitas justru akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan seseorang semakin tinggi ketika menjelang hari raya, sehingga membuat seseorang semakin nekat melakukan hal-hal yang melanggar hukum.Begitu juga bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik, disarankan untuk selalu waspada karena ketika mudik Anda harus meninggalkan rumah. Nah, agar rumah Anda terhindar dari tindak pencurian, berikut ini adalah tips aman meninggalkan rumah saat mudik:

Kunci Semua Pintu dan Jendala
Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah. Dan jangan pernah meletakkan kunci tersebut di tempat dimana seseorang dengan mudah mendapatkannya, seperti dibawah keset, dibawah pot atau pun kusen pintu.

Matikan Semua Listrik dan Gas
Cabut semua listrik dan gas untuk mencegah terjadinya kebakaran, dengan mencabut semua listrik dan lampu juga bisa meminimalisir tagihan listrik. Jangan lupa untuk mencabut selang regulator dan tabung gas agar terhindar dari kebocoran gas.

Matikan PAM
Sebaiknya Anda juga mematikan saluran utama PAM dan keran air, hal ini sengaja dilakukan untuk menghidari kebocoran air dan membengkaknya tagihan air

Nyalakan Lampu
Salah satu ciri rumah kosong adalah kondisinya yang selalu gelap kendati di malam hari, untuk itu sebaiknya Anda menyalakan lampu khususnya di malam hari, minta lah tetangga rumah untuk menyalakan lampu setidaknya di bagian rumah.

Titip ke Tetanga Terdekat
Agar aman, Anda juga bisa menitipkan rumah Anda kepada tetangga terdekat, ketika hendak melakukan perjalanan mudik berpamitan terlebih dahulu kepada ketua RT atau pihak keamanan rumah, hal tersebut dilakukan agar mereka bisa melakukan pengaman ekstra lebih. Jangan lupa juga untuk memberikan nomor telp Anda kepada mereka, agar bisa dihubungi ketika ada sesuatu yang darurat.

Titip Binatang Peliharaan
Bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan, sebaiknya menitipkan binatang kesayangan Anda di tempat penitipan binatang agar kehatan mereka bisa terjaga dengan baik.

Pasang CCTV
Guna memastikan rumah Anda tetap aman, Anda juga bisa memasang CCTV di sekitar rumah, saat ini sudah banyak dipasaran dijual CCTV yang bisa langsung terkoneksi melalui smartphone. Jadi Anda bisa tetap memantau kondisi rumah walaupun berada di kampong halaman.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *