Ternyata Ini Manfaat Memberikan ASI Eksklusif untuk Kesehatan Bayi

Maret 27, 2020

ASI Eksklusif

Setelah melahirkan banyak ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif pada anaknya. Pemberian ASI yang eksklusif tersebut memakan waktu 6 bulan lamanya dan hanya diberikan ASI yang cukup untuk mendukung pertumbuhan bayi dengan lebih baik. Setelah masa itu baru nantinya bisa memberikan ASI dan MPASI yang mempunyai nutrisi yang dibutuhkan bayi. Pemberian ASI yang eksklusif sendiri mempunyai banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh ibu dan bayi. Tidak hanya bermanfaat untuk dapat mempunyai ikatan yang lebih baik antara bayi dan ibu ataupun membuat ibu hamil turun berat badan lebih cepat, tetapi pemberian ASI selama 6 bulan awal tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Adapun manfaat terbaik yang dirasakan oleh bayi adalah :

1. Mengurangi resiko SIDS

Manfaat yang paling besar pemberian ASI yang eksklusif ibu pada bayi adalah dapat mengurangi resiko SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. SIDS dapat terjadi ketika bayi sedang tidur dan juga banyak terjadi pada bayi yang baru lahir. Dengan memberikan ASI secara eksklusif minimal selama 2 bulan akan sangat berperan besar dapat untuk mengurangi resiko terjadinya SIDS.

2. Tulang lebih kuat

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan ketika ibu hamil memberikan ASI secara eksklusif adalah membuat tulang bayi menjadi lebih kuat. Pemberian ASI secara eksklusif minimal 3 bulan dapat untuk memberikan manfaat menjadikan tulang leher dan juga tulang belakang bayi menjadi lebih kuat. Hal tersebut karena kandungan yang ada pada ASI lebih baik dibandingkan susu formula sehingga juga bermanfaat untuk dapat membuat tulang bayi lebih kuat. Bayi yang diberikan ASI dan tidak sama sekali akan mempunyai perbedaan dimana untuk bayi dengan ASI akan mempunyai tulang yang lebih kuat. Sehingga pemberian ASI secara eksklusif sangat baik untuk pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Manfaat selanjutnya dari pemberian ASI selama 6 bulan adalah bayi akan mempunyai kekebalan tubuh yang lebih baik. Daya tahan tubuh bayi masih sangat lemah sehingga akan sangat harus dijaga dengan baik agar tidak banyak virus yang masuk. Hal tersebut dapat didapatkan dengan cara memberikan ASI sehingga dapat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih baik pada bayi. Dengan mempunyai kekebalan tubuh lebih kuat, bayi juga tidak akan mudah terserang penyakit diare, infeksi telinga, konstipasi, meningitis, dan berbagai penyakit lainnya yang berbahaya dan mudah menyerang bayi.

4. Membuat perkembangan otak menjadi maksimal

Manfaat selanjutnya ketika memberikan ASI adalah dapat membuat perkembangan otak menjadi lebih maksimal. Dalam ASI terdapat kandungan asam lemak yang baik untuk dapat mendukung pertumbuhan otak bayi lebih optimal sehingga membuatnya lebih cerdas. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk memberikan bayi ASI secara eksklusif sehingga nantinya ia mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi.

Manfaat di atas sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif juga tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, tetapi juga untuk ibu. Seperti yang telah dijelaskan bahwa dengan memberikan ASI secara eksklusif dapat menjadi diet yang alami dan menurunkan berat badan pasca melahirkan lebih cepat. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat lebih hemat uang karena tidak perlu membeli susu formula, mengurangi resiko terkena kanker, mengurangi pendarahan, mengurangi stress, sebagai KB alami, dan berbagai manfaat lainnya.

 

Rangkum

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *