Selain Memanfaatkan Pinjaman Dana, Ketahui Pentingnya Memiliki Investasi yang Berfungsi Sebagai Dana Darurat Ini

Mei 20, 2019

Pinjaman Dana

Sebagai bentuk investasi masa depan, dana darurat wajib dimiliki semua orang. Pada kondisi tertentu seperti menyiapkan pernikahan, mengalami musibah atau kecelakaan, mengalami PHK sepihak dan lain-lain, Anda membutuhkan dana darurat segera. Antisipasi mengalami kejadian yang tidak diinginkan tentu lebih baik. Pepatah sedia payung sebelum hujan jelas wajib dipraktikkan dengan benar. Kalau Anda tidak memiliki dana darurat, pinjaman dana tunai bisa menjadi solusi terbaik.

Alasan Dana Darurat Wajib Anda Miliki Jauh Hari

Jangan sampai Anda menyesal tidak memutuskan untuk menabung dana darurat jauh hari saat kebutuhan sudah mendesak. Kebutuhan wajib dipenuhi membuat Anda harus rutin menyisihkan minimal 10 persen gaji untuk tabungan dana darurat. Mengingat perekonomian yang semakin sulit di era digital, Anda wajib konsisten dan disiplin menabung sejak dini lho!

Kenapa Anda harus mempersiapkan tabungan dana darurat? Toh, Anda bisa memiliki kemudahan pinjaman dana tunai secara online. Ternyata ada banyak alasan yang membuat Anda wajib memiliki tabungan dana darurat sejak awal berikut ini.

1. Meminimalisir tindakan berhutang

Alasan pertama kenapa Anda harus memiliki dana darurat karena menghindari risiko berhutang. Saat mengalami kejadian yang tidak terduga seperti mengalami PHK sepihak dari kantor, setidaknya Anda memiliki dana untuk bertahan hidup beberapa waktu kedepan. Anda tidak perlu berhutang untuk mencukupi kebutuhan harian sampai menemukan pekerjaan yang tepat.

2. Antisipasi perpindahan kuadran

Seseorang tidak bisa bekerja seumur hidup karena faktor produktifitas usia. Saat memasuki usia pensiun, Anda bisa saja tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan. Untuk mendapatkan penghasilan, Anda bisa saja mengalami perpindahan kuadran menjadi seorang pebisnis atau investor. Masing-masing perpindahan kuadran tersebut memiliki risiko tersendiri. Misalnya Anda membuka usaha baru yang belum mendatangkan untung maksimal. Dana darurat sangat membantu mengantisipasi risiko perpindahan kuadran ini.

3. Mengantisipasi risiko kerugian bisnis, investasi atau konflik keluarga

Risiko kerugian bisnis atau investasi bisa saja terjadi, bukan? Sedangkan bagi orang yang telah menikah, masalah ekonomi bisa memicu konflik rumah tangga. Jika Anda memiliki dana darurat sejak awal, konflik keluarga bisa terminimalisir dengan baik.

Bayangkan saja Anda dan pasangan harus ribut hanya karena pendapatan berkurang akibat PHK sepihak atau cicilan KPR yang menunggu steiap bulan! Pinjaman dana menjadi solusi terbaik kalau Anda sama sekali tidak memiliki tabungan dana darurat.

Tentu masih ada banyak alasan yang positif untuk mendukung Anda memiliki dana darurat baik tabungan atau investasi. Jika Anda bisa memilih jalur investasi yang aman, kenapa tidak? Dana investasi bisa berkembang menjadi lebih besar sekaligus berfungsi sebagai dana darurat yang bisa dicairkan saat Anda membutuhkannya.

Pinjaman Dana

Bentuk Investasi Dana Darurat yang Cocok untuk Anda

Kalau Anda tertarik memiliki investasi yang berfungsi sebagai dana darurat, wajib tahu jenis investasi yang sesuai kebutuhan berikut ini.

1. Deposito berjangka

Anda ingin bisa menabung sekaligus investasi jangka panjang? Pilih sistem deposito yang menguntungkan. Hanya saja Anda memang memiliki jangka waktu untuk penyetoran atau penarikan hasil deposito tersebut. Biasanya sistem deposito memberikan jangka waktu bervariasi seperti 6 bulan, 12 bulan dan lain-lain. Tinggal pilih sistem deposito mana yang cocok untuk Anda.

2. Investasi logam mulia

Dewasa ini, investasi logam mulia masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan dana darurat. Jika dibutuhkan secara mendadak, Anda bisa langsung menjual logam mulia yang terus menunjukkan kenaikan harga sepanjang waktu. Meskipun nilai peningkatan investasi logam mulia tidak naik signifikan tapi cocok dijadikan tabungan darurat.

Coba alokasikan gaji Anda setiap bulan untuk membeli logam mulia seperti emas dengan nila kecil terlebih dahulu untuk melatih konsistensi menabung ya! Logam mulia terus menunjukkan harga yang stabil, kok.

3. Reksa dana

Reksa dana merupakan pilihan investasi paling menggiurkan untuk Anda yang memiliki dana lebih. Anda tidak harus memikirkan instrumen investasi di pasar sebab dana yang masuk dikelola oleh Manajer Investasi. Reksa dana pasar uang merupakan investasi yang bisa memberikan keuntungan signifikan mencapai 8 persen per tahun.

Mana jenis investasi yang cocok dengan keuangan Anda? Pilih investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau pemasukan Anda setiap bulan. Tidak ada salahnya mengalokasikan gaji setiap bulan untuk kepentingan masa depan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan perekonomian masa depan, bukan? Mempersiapkan dana sejak awal sebagai tabungan darurat sangat bermanfaat.

Dana darurat bisa membantu Anda memiliki sistem perencanaan keuangan yang optimal. Pastikan untuk memisahkan dana darurat dari gaji atau kebutuhan harian lainnya. Setidaknya Anda bisa menahan diri untuk tidak menggunakan dana darurat kecuali dibutuhkan saja. Jika Anda memiliki masalah dengan dana darurat yang juga menjadi investasi misalnya deposito yang bisa dicairkan dalam kurun waktu tertentu, bisa memilih pinjaman dana tunai yang kredibel.

Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai langsung cair di https://www.cekaja.com/kredit sekarang juga. Sistem angsuran dan bunga yang jelas bisa menjadi bahan referensi. Toh, Anda bisa memilih sistem tenor yang sesuai dengan kemampuan membayar. Siapa tahu Anda bisa membayar lunas dana pinjaman yang ada saat pencairan nilai deposito nanti. Pinjaman yang cepat, mudah dan kredibel, kenapa tidak?

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *