Mengatasi Nyeri Menstruasi Tanpa Penggunaan Obat

September 14, 2021

Nyeri Menstruasi

Menstruasi yang terjadi sering dibarengi dengan rasa nyeri yang muncul. Peluruhan dinding rahim yang terjadi saat haid memang menjadi sebab kenapa nyeri menstruasi muncul. Meskipun wajar, namun jika nyeri cenderung tidak lekas sembuh, maka dampak buruk bisa saja terjadi.

Nah, berbincang tentang nyeri menstruasi tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk penanganan tanpa menggunakan obat. Ini adalah cara yang cukup tepat dan efektif dilakukan, terlebih tidak ada dampak negatif karena bahan kimia.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah nyeri menstruasi tanpa menggunakan obat diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengompres dengan air hangat

Rasa nyeri yang muncul di bagian bawah perut saat haid bisa diatasi dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Kompres ini bisa menjadi solusi yang tepat dan cukup mudah.

Sensasi hangat dari kompres akan meredakan nyeri yang menyerang dengan cukup cepat. Untuk melakukan langkah ini, Anda bisa saja mengisi air ke botol atau bantal pemanas dan menggunakannya untuk melakukan kompres tersebut.

2. Melakukan olahraga ringan

Hal lain yang juga bisa menjadi solusi nyeri menstruasi adalah dengan melakukan olahraga yang ringan. Poin ini bisa dilakukan karena olahraga yang ringan meskipun hanya berjalan kaki, bisa melenturkan otot rahim. Dengan demikian, tentu nantinya rasa nyeri karena haid bisa cenderung menurun.

3. MemijatĀ 

Rasa nyeri yang melanda karena haid bisa diatasi dengan cara melakukan pijatan yang lembut di bagian bawah perut. Pijatan lembut ini dapat melenturkan otot panggul serta mengurangi keram yang terjadi. Nah, Anda bisa mengoleskan body lotion atau minyak pijat untuk memudahkan pemijatan.

Tentu saja, Anda harus melakukan pijatan secara hati-hati. Pijatan yang terlalu keras bisa jadi akan memperburuk nyeri menstruasi yang melanda.

Beberapa hal di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan penanganan pada nyeri menstruasi yang terjadi. Hanya saja, jika nyeri tersebut ternyata belum kunjung hilang, ada baiknya jika Anda memeriksakan kondisi ke dokter secara segera agar efek buruk tidak terjadi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *