Gejala Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengatasinya

November 15, 2019

Penyakit Kulit pada Bayi

Permasalahan yang umum dijumpai pada bayi yang baru lahir adalah penyakit kulit. Maklum, hingga usia tiga bulan jaringan kulit bayi memang belum terbentuk secara sempurna. Walhasil banyak bayi yang kemudian mengalami gangguan di kulit sehingga harus mendapatkan perawatan khusus. Kenali gejala penyakit yang mengancam kulit buah hati Anda sedari dini.

Penyakit kulit yang menyerang bayi umumnya tidak berbahaya dan bisa disembuhkan di rumah. Namun tetap saja, orang tua mana yang tega melihat bayinya mengalami masalah?

Berikut beberapa masalah yang umum menyerang kesehatan kulit bayi:

1. Eksim

Eksim biasanya menyerang orang dewasa. Namun, tak menutup kemungkinan bayi yang belum lama lahir juga mengalami hal serupa. Gejala eksim adalah muncul bentol bewarna kemerahan yang gatal. Penyebab utama eksim pada bayi adalah karena zat kimia yang menempel di kulit.

2. Ruam

Ruam biasanya muncul karena kulit bayi bergesekan dengan popok. Bahan popok yang kurang cocok untuk kulit bisa menimbulkan bercak kemerahan pada bayi, Krim khusus ruam bisa mengurangi masalah yang diderita sang bayi.

3. Jerawat Bayi

Jerawat pada bayi berbeda dengan jerawat orang dewasa. Jerawat muncul pada bayi karena pengaruh hormon yang terbawa melalui plasenta. Jerawat ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan.

4. Biang Keringat

Masalah yang satu ini juga kerap dialami oleh bayi. Penyebab utamanya adalah karena kulit yang lembap. Untuk mengurangi risiko, hindarkan bayi dari pakaian yang ketat dan menghambat sirkulasi udara.

5. Biduran

Umumnya, biduran terjadi karena alergi makanan. Namun biduran juga bisa disebabkan karena keringat yang terlalu lama menempel di kulit. Biduran tidak berbahaya, namun membuat bayi kesulitan untuk tidur karena rasa tidak nyaman.

Berikut cara mengatasi masalah kulit bayi:

1. Gunakan Deterjen untuk Baju Bayi

Bayi sebaiknya menggunakan deterjen khusus yang ramah terhadap kulit sensitif. Deterjen khusus bayi juga tak mengandung zat pewangi dan pelembut yang bisa membahayakan kulit. Sleek Baby menjadi salah satu deterjen yang paling direkomendasikan untuk bayi.

2. Pakai Krim Khusus

Beberapa masalah kulit bayi bisa disembuhkan dengan pemakaian krim. Krim atau salep untuk penyakit kulit bayi biasanya dijual bebas di apotek. Namun, konsultasikan dengan dokter dan tenaga kesehatan sebelum memakaikan krim ke anak Anda.

3. Hindari Pakaian Ketat

Pakaian yang ketat membuat kulit bayi berkeringat karena kepanasan. Hal tersebut bisa memancing timbulnya biang keringat dan biduran. Karena itu, pilihlah baju bayi yang longgar dan berbahan halus agar bayi lebih nyaman.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *