8 Jenis Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Oktober 8, 2021

Kecerdasan Anak Usia Dini

Ketahuilah bahwa jenis kecerdasan anak berbeda-beda dan tentunya ada kemungkinan unggul di suatu bidang namun kurang di bidang lainnya. Inilah mengapa orang tua harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis kecerdasan yang ada sehingga bisa lebih memahami si kecil dan memberikan yang terbaik. 

8 Jenis Kecerdasan Anak

Kecerdasan adalah suatu kondisi kemampuan anak untuk berpikir, berpikir tajam dan ideal untuk perkembangan mental. Kecerdasan merupakan penyempurnaan dari perkembangan pikiran untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kecerdasan anak dapat dipelajari sejak usia dini. Mereka akan berusia 0-7 tahun ketika mereka berada dalam periode eksplorasi. 

Jenis kecerdasan anak seperti yang kita ketahui dapat berupa Intelligence Quotient (IQ), kecerdasan manusia tunggal yang terutama hanya mementingkan aspek kognitif seseorang, dan Emotional Quotient (EQ), kemampuan untuk mengontrol dan menggunakan emosi, yang memiliki kemampuan mengontrol diri, beradaptasi dengan lingkungan, termasuk keterampilan kooperatif dan sosial.

Spiritual Quotient (SQ) yang menunjukkan kecerdasan dalam menemukan makna dan nilai dengan mengambil pandangan yang lebih luas tentang perilaku dan kehidupan. Adapun kecerdasan majemuk di dalam diri terdiri dari 8 kecerdasan anak yaitu: 

  1. Linguistic intelligence: kemampuan untuk menganalisa informasi yang berhubungan dengan bahasa

  2. Logical-mathematical intelligence: kemampuan untuk berhitung dan menyelesaikan masalah secara abstrak.

  3. Spatial intelligence: kemampuan untuk mengenali bentuk dan gambar spasial.

  4. Musical intelligence: kemampuan untuk menghasilkan, mengingat dan membaca pola dari suara

  5. Bodily-kinesthetic intelligence: kemampuan untuk menggunakan tubuh untuk membuat sesuatu.

  6. Naturalistic intelligence: kemampuan untuk dapat membedakan berbagai macam jenis binatang dan tanaman dan beberapa cuaca.

  7. Interpersonal intelligence: kemampuan untuk memahami motivasi, keinginan, dan kondisi emosi orang lain.

  8. Intrapersonal intelligence: kemampuan untuk memahami motivasi, keinginan, dan kondisi emosi diri sendiri.

Selama ini, orang tua dapat mengenali dan menggali potensi jenis kecerdasan anak. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya. Bisa juga dengan memberikan susu formula dari Nutriclub sesuai dengan usianya untuk membantu mendukung kecerdasan anak dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *