6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memakai Print Masker

September 15, 2020

Print Masker

Penggunaan masker merupakan salah satu cara yang disarankan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Sebab, Virus Corona diklaim dapat menular bahkan melalui droplet seperti bersin, cairan batuk, dan air ludah. Namun, banyak ditemukan masyarakat yang menggunakan masker non medis atau print masker dengan cara yang tidak tepat. Sehingga akan mengurangi keefektifannya dalam melindungi diri. Berikut beberapa kesalahan yang sering diabaikan.

Kesalahan Umum Penggunaan Masker Kain

1. Masih Terdapat Ruang

Kesalahan pertama yang sangat umum terjadi yaitu masih terdapatnya ruang bagi udara untuk masuk. Karena banyak sekali masyarakat yang menggunakan masker dengan longgar. Sebaiknya, hindari untuk memberi ruang bagi udara untuk masuk di antara masker kain serta wajah anda. Gunakan alat pelindung mulut dengan terutup sempurna agar penyebaran virus dapat dihentikan dengan cara memblokir udara yang masuk.

2. Digunakan di Bawah Hidung

Kesalahan berikutnya yang juga sangat sering terjadi di masyarakat, yakni meletakkan masker di bawah hidung. Padahal, virus masih dapat menyebar dan menginfeksi melalui saluran pernapasan yang terdapat pada hidung. Sehingga, anda harus menggunakan print masker dengan sempurna menutupi hidung, mulut, serta dagu. Jika anda meletakknya di bawah hidung karena susah bernapas, maka sebaiknya anda memilih masker dengan bahan yang lebih nyaman.

3. Menyentuh Kain Masker

Menyentuh masker kain yang digunakan ternyata dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri dan virus. Karena kuman-kuman yang ada di tangan dapat berpindah ke masker yang anda gunakan. Dan tidak dapat dipungkiri, hal seperti ini sangat sering terjadi di sekitar. Selain itu, selalu lepas alat pelindung mulut anda dengan menggunakan tali atau karet yang mengait pada masker. Serta hindari untuk melepasnya dengan menyentuh bagian depan.

4. Melepas Saat Berbicara

Dalam situasi dan kondisi wabah Virus Corona melanda seperti ini, hindari untuk berbicara tanpa menggunakan print masker atau masker lainnya. Meskipun mungkin anda atau lawan bicara anda akan kesulitan untuk mendengar apa yang dibicarakan karena terhalang oleh masker. Namun, anda tetap tidak diperkenankan untuk melepas alat pelindung mulut tersebut ketika berbicara dengan orang lain. Serta tetap jaga jarak minimal 1 meter saat berada di tempat umum.

5. Dagu Terlihat

Sama halnya dengan hidung, dagu juga tidak boleh terlihat saat menggunakan masker. Risiko penularan pun masih bisa terjadi apabila dagu tidak tertutup dengan sempurna dan rapat. Hal ini karena dagu sangat dekat dengan mulut, sehingga bisa menjadi perantara virus masuk ke dalam tubuh. Itulah alasannya mengapa berbagai imbauan seperti larangan menyentuh wajah tetap digalakkan oleh pemerintah, untuk mengatisipasi perantara penyebaran vrius.

6. Melepas atau Menggunakan Terlalu Cepat

Kesalahan lain yang sering terjadi ketika menggunakan masker kain yaitu melepas kain terlalu cepat. Tidak hanya melepasnya saja, saat menggunakannya pada waktu yang tidak tepat juga berisiko untuk menularkan virus. Seperti saat menggunakan atau melepas masker saat tangan kotor dan tidak cuci tangan terlebih dahulu. Pastikan juga untuk tidak melepas print masker kain anda di tempat terbuka atau tempat lainnya yang rentan menularkan virus.

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi, dan harus anda hindari saat menggunakan masker kain. Guna menghindari risiko penularan virus secara maksimal, maka sebaiknya anda menggunakan alat pelindung wajah dengan baik dan benar. Dengan mengikuti imbauan yang telah disarankan oleh berbagai lembaga kesehatan. Anda dapat memesan masker kain aneka motif dan corak melalui platform custom.co.id.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *