5 Tips Membuat Konten Marketing B2B Berkualitas

Juni 29, 2019

B2b Berkualitas

B2B merupakan singkatan dari Bussiness-to-Bussiness. Menjalankan bisnis model B2B juga membutuhkan strategi marketing. Salah satu strategi marketing yang bisa diterapkan adalah pembuatan konten marketing untuk dibagikan ke berbagai platform digital yang ada. B2B berkualitas membutuhkan konten marketing yang berkualitas pula.

Konten marketing yang berkualitas baik akan mampu menghasilkan citra yang baik pula bagi bisnis yang sedang kamu jalani. Tapi, bagaimanakah cara membuat konten marketing B2B berkualitas? Berikut tipsnya.

1.Buat konten yang memberikan edukasi kepada audience

Tips pertama dalam membuat konten marketing untuk bisnis B2B adalah buatlah konten yang sifatnya edukatif. Dengan membuat konten edukasi ini, kamu akan membuat audience lebih paham dan mengenal produk yang kamu jual dengan lebih baik. konten yang edukatif ini juga akan berguna untuk para pelanggan yang membutuhkan informasi mendalam tentang product knowledge.

2. Tidak hanya tulisan, buatlah konten dalam bentuk video

Tidak semua orang suka membaca. Untuk itu, kamu sebaiknya tidak hanya membuat konten marketing B2B berkualitas dalam bentuk tulisan, tapi juga dalam bentuk video. Dengan diversifikasi konten ini, saluran yang akan kamu gunakan juga kian beragam. Kamu bisa merambah ke Youtube dan IGTV. Konten dalam bentuk video biasanya juga lebih mudah dipahami karena menggabungkan audio dan visual sekaligus.

3. Memanfaatkan berbagai platform yang ada

Ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk membagikan konten marketing B2B yang kamu buat. Kamu bisa menggunakan berbagai macam sosial media yang ada berdasarkan target audience konten kamu. Kamu juga bisa masuk ke dalam berbagai forum digital yang ada untuk melakukan soft selling. Untuk kesan yang lebih personal, kamu bisa menggunakan newsletter.

Semakin banyak platform digital yang kamu gunakan, semakin besar kesempatan bisnis B2B kamu untuk dikenal banyak orang, dan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan calon pelanggan potensial.

4. Buat konten yang bersifat dua arah

Dalam membuat konten B2B berkualitas, sebaiknya buatlah konten yang sifatnya dua arah. Yang dimaksud dengan konten dua arah ini adalah membuat konten yang membuka kesempatan bagi audience untuk bereaksi, memberikan tanggapan, dan sebagainya. Konten yang interaktif ini biasanya mendatangkan hal yang lebih baik daripada konten yang hanya bersifat satu arah saja.

5. Tentukan target audience konten

Penting juga untuk diingat agar menentukan target audience konten marketing yang kamu buat. Kalau target market produk kamu adalah semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil, kamu bisa membuat konten berdasarkan jenis perusahaannya. Jadi bedakan konten untuk perusahaan besar dan kecil. Dengan begitu, informasi yang ingin kamu sampaikan akan lebih mudah dipahami daripada kamu membuat satu konten untuk semua target audience.

Nah, itulah lima tips membuat konten marketing B2B berkualitas. Tidak ada konten yang bisa memenuhi ekspektasi dalam waktu singkat. Semakin sering membuat konten, akan semakin baik kualitas konten yang dihasilkan. Tidak ada cara instan untuk bisa membuat konten marketing yang bagus. Semuanya butuh proses dan usaha.

Bisnis yang kamu geluti tentu membutuhkan pengadaan barang. Kalau kamu bingung memilih vendor untuk pengadaan barang, kamu bisa memilih Blibli.com. Selain menjalankan bisnis model B2C, Blibli.com juga menjalankan bisnis dengan model B2B. Kamu bisa bergabung menjadi mitra B2B Blibli.com. Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Untuk info selengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman Blibli.com.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *