4 Tips Menukarkan Mata Uang untuk Berwisata ke Luar Negeri

Maret 6, 2020

Menukarkan Mata Uang

Ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata atau perjalanan dengan tujuan lain ke luar negeri, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai dari paspor, visa, tiket perjalanan, serta transportasi dan akomodasi. Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk Anda persiapkan adalah uang yang akan Anda pakai untuk membeli berbagai kebutuhan Anda disana sebab setiap negara memiliki mata uang dan tentu saja memungkinkan nilai kurs uang yang berbeda.

Ya, Anda perlu menukarkan uang Anda dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Akan tetapi, selain dengan memperhatikan kurs uang, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak menukarkan mata uang agar bisa mendapat penawaran terbaik.

1. Tukarkan uang ketika masih berada di dalam negeri

Agar persiapan lebih maksimal, lebih baik Anda sudah menukarkan uang ketika masih berada di Indonesia daripada Anda tukarkan ketika sudah berada di negara tujuan. Masalah keterbatasan bahasa bisa saja menjadi kendala yang menghambat komunikasi Anda ketika hendak menukarkan uang di luar negeri.

Beberapa negara juga mungkin memiliki kebijakan berbeda dalam hal penukaran mata uang yang bisa sedikit membingungkan bagi orang seperti Anda yang belum terbiasa.

2. Lakukan riset agar mendapatkan harga nilai tukar terbaik

Akan lebih baik jika Anda sudah merencanakan untuk menukarkan uang Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke luar negeri. Dengan waktu yang cukup, Anda bisa melakukan riset ketika kurs uang yang akan Anda tukarkan memiliki nilai terbaik. Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk menukarkannya setelah melakukan riset kapan kurs jual beli rupiah lebih menguntungkan untuk ditukarkan dengan mata uang tertentu.

Selain riset mengenai waktu, Anda juga perlu melakukan riset untuk mencari tahu dimana tempat penukaran uang yang menawarkan kurs jual yang paling rendah. Jadi, jika Anda sudah berencana untuk menukarkan uang, mulailah memperhatikan pergerakan pasar yang berpengaruh pada kurs jual beli uang.

3. Perhatikan peraturan kebijakan lainnya

Ketika Anda menukarkan uang rupiah ke mata uang negara lainnya, setiap tempat penukaran uang mungkin memiliki peraturan atau kebijakan yang berbeda satu sama lain. Misalnya saja mengenai kebijakan komisi untuk setiap penukaran uang. Hal ini tentu harus Anda pertimbangkan dan perhitungkan terlebih dahulu.

Umumnya beberapa penukaran uang ada yang memiliki kebijakan untuk memotong komisi penukaran mula dari angka 3% hingga 7% tergantung kebijakan masing-masing. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan persyaratan administratif lainnya sebelum pergi ke tempat penukaran uang agar Anda tidak perlu bolak-balik ke tempat tersebut. Persyaratan yang biasanya dibutuhkan adalah KTP atau NPWP.

4. Pilih tempat penukaran uang yang berizin dan terpercaya

Anda juga tidak boleh sembarangan ketika memilih tempat penukaran uang untuk menukarkan uang yang Anda miliki. Pastikan bahwa penukaran uang tersebut telah memiliki izin dan reputasi yang baik agar mencegah Anda dari terjadinya tidak penipuan uang yang tidak diinginkan.

Jadi, lebih baik Anda memilih untuk menukarkan uang Anda di bank atau money changer yang terpercaya dan tidak menukarkan uang di sembarang tempat. Jika Anda terpaksa menukarkan uang di luar negeri dan Anda bingung untuk mencari tempat penukaran uang, lebih baik Anda menukarkan uang melalui ATM. Saat ini sudah banyak bank dengan jaringan internasional. Meskipun saldo Anda adalah rupiah, namun Anda bisa menarik uang dengan mata uang yang berlaku di sana.

Itulah beberapa tips saat menukar uang yang perlu Anda perhatikan selain kurs uang yang juga tentu akan berubah setiap harinya.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *